Undang – Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik mengamanatkan bahwa pelayanan kepada masyarakat oleh aparatur pemerintah perlu terus ditingkatkan sehingga mencapai kualitas yang diharapkan. Salah satu upaya yang harus dilakukan dalam perbaikan pelayanan publik adalah melakukan survei kepuasan masyarakat kepada pengguna layanan. Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat ini merupakan penilaian atas pendapat masyarakat terhadap kinerja pelayanan apatur pemerintah, sebagai tolok ukur terhadap optimalisasi kinerja pelayanan publik oleh aparatur pemerintah kepada masyarakat.
Maksud dan tujuan dilaksanakannya Survei Kepuasan Masyarakat pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Ptai adalah :
- Diketahui kelemahan atau kekurangan dari masing-masing unsur dalam penyelenggara pelayanan publik ;
- Diketahui kinerja penyelenggara pelayanan yang telah dilaksanakan oleh unit pelayanan publik secara periodik ;
- Sebagai bahan penetapan kebijakan yang perlu diambil dan upaya tindak lanjut yang perlu dilakukan atas hasil Survei Kepuasan Masyarakat ;
- Diketahui indeks kepuasan masyarakat secara menyeluruh terhadap hasil pelaksanaan pelayanan publik pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah ;
- Memacu persaingan positif, antar unit penyelenggara pelayanan pada lingkup Pemerintah Pusat dan Daerah dalam upaya peningkatan kinerja pelayanan ;
- Bagi masyarakat dapat diketahui gambaran tentang kinerja unit pelayanan.
HASIL SKM DINAS ARPUS KAB. PATI SEMESTER II TAHUN 2023
OPD : DINAS KEARSIPAN DAN PERPUSTAKAAN KAB. PATI
ALAMAT : Jl. Dr. Wahidin No. 4 Pati
TELP. / FAX : (0295) 382187
Kode Unsur |
Unsur Pelayan |
Jumlah Nilai |
Nilai Rata rata |
NRR Tertimbang |
|
|
U1 |
Persyaratan |
114 |
3,45 |
0,38 |
|
|
U2 |
Prosedur |
104 |
3,59 |
0,39 |
|
|
U3 |
Waktu Pelayanan |
84 |
3,65 |
0,40 |
|
|
U4 |
Biaya/tarif |
84 |
3,65 |
0,40 |
|
|
U5 |
Produk layanan |
77 |
3,35 |
0,37 |
|
|
U6 |
Kompetensi pelaksana |
77 |
3,35 |
0,37 |
|
|
U7 |
Perilaku pelaksana |
79 |
3,43 |
0,38 |
|
|
U8 |
Sarana dan Prasarana |
73 |
3,32 |
0,37 |
|
|
U9 |
Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan |
80 |
3,64 |
0,40 |
|
|
Jumlah NRR Tertimbang |
3,46 |
|||||
Nilai IKM |
88,25 |
|||||
Mutu Pelayanan |
B |
|||||
Kinerja Unit Pelayanan |
Baik |
|||||
Upaya – upaya yang perlu dilakukan guna meningkatkan unsur yang kategorinya kurang baik :
Semoga survei kepuasan masyarakat ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kualitas pelayanan publik selanjutnya pada Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati.
|