Studi Komparasi Dinas Arpus Rembang ke Dinas Arpus Pati

Rabu, 14 Okt 2020 | 12:42:06 WIB - Oleh Administrator


Pati - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati menerima kunjungan studi komparasi tentang Peraturan-peraturan kearsipan dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang, Jumat 24 januari 2020. Dalam kesempatan tersebut kunjungan diterima oleh Sekretaris Dinas Setiya Noviyana, SE. MM didampingi kepala Bidang Kearsipan BR. Kusumawati, SS.MM di ruang Aula Dinas Arpus Pati, Sekretaris Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Rembang Winaryu Kutsiyah,S.Pd.MM mewakili rombongan menyampaikan maksud tujuan studi komparasi.

Ibu Kabid Kearsipan BR. Kusumawati, SS.MM menyampaikan peraturan-peraturan kearsipan yang sudah dimiliki Dinas Arspus Pati, mulai dari Perda Kearsipan No. 5 tahun 2018,  Perbup No. 41 tahun 2019 tentang Pedoman Penyusutan Arsip, Peraturan Bupati No. 136 tahun 2018 Tentang Arsip Vital, Perbup No. 138 tahun 2018 Tentang Pedoman Pengolahan Arsip Inaktif, Peraturan Bupati No 132 Tahun 2018 Tentang Klasifikasi Arsip dan Perbup No. 137 Tahun 2018 Tentang Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip Dinamis. Ibu Kabid Kearsipan BR. Kusumawati, SS.MM juga menyampaikan teknis dan proses penyusunan Peraturan peraturan kearsipan tersebut secara detail dan terperinci.

Di ujung waktu studi komparasi ini ditandai dengan pemberian paket Peraturan-peraturan kearsipan kabupaten Pati kepada Ibu Winaryu Kutsiyah,S.Pd. sebagai cinderamata dan juga saling tukar oleh-oleh dari kota masing-masing. Semoga dengan adanya studi komparasi ini akan menambah maju kearsipan di wilayah manapun.(Gun)