Puncak Peringatan Hari Kearsipan, Kabupaten Pati Raih Penghargaan Simpul Jaringan Terbaik Nasional

Senin, 18 Sep 2023 | 09:33:39 WIB - Oleh Administrator


Banyuwangi (23/5) – Memperingati puncak Hari Kearsipan ke-52, Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar berbagai kegiatan yang dipusatkan di Banyuwangi, Jawa Timur selama 22 s.d 23 Mei 2023. Pada kesempatan ini, para pencipta arsip di kementerian/Lembaga, provinsi, kabupaten/kota, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Arsiparis Teladan Nasional memperoleh penghargaan yang diserahkan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas dan Kepala ANRI, Imam Gunarto. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Ballroom Blambangan, Hotel El Royale, Banyuwangi yang diterima oleh Kepala Bidang Kearsipan Dinas Arpus Kabupaten Pati, Ibu BR. Kusumawati, SS.MM.

Selain menyampaikan penghargaan, Anas juga turut membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dalam rangka peringatan Hari Kearsipan ke-52 dan peresmian pameran arsip serta ekshibisi One Stop Service ANRI. Di hadapan peserta rakornas, Anas meyakini bahwa langkah yang dilakukan oleh ANRI, kementerian/lembaga/daerah saat ini tidak lagi melangkah dengan manual, tapi dengan digital. “Memori Kolektif Bangsa tentu akan terawat dengan baik dan saya yakin ke depan anak-anak, cucu kita akan bisa mendapatkan ini dengan baik di masa mendatang,” jelas Menteri PANRB. Anas juga turut mengapresiasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI). Ia mengingatkan kembali bahwa migrasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika agar segera dijembatani, sehingga pada tahun 2024 semua harus sudah diintegrasikan. Lebih lanjut dalam laporannya, Imam Gunarto juga menyampaikan bahwa melalui momentum peringatan Hari Kearsipan ke-52, komunitas kearsipan dapat mengambil marwah perjuangan kearsipan yang dilakukan oleh para pendahulu dan kemudian meneladaninya. Komunitas kearsipan diharapkan dapat meneguhkan dan memperkokoh kembali niat untuk menyelenggarakan kearsipan yang lebih baik dalam mendukung visi dan misi Presiden dan Wakil Presiden RI. Pada hari kedua disampaikan penghargaan kepada Kabupaten/Kota sebagai Simpul Jaringan Terbaik Nasional (SJTN). Kabupaten Pati melalui Sistem Informasi Kearsipan Nasional yang beralamat link www.sikn.patikab.go.id meraih peringkat pertama nasional, diikuti oleh Kabupaten Bogor (provinsi Jawa Barat) peringkat kedua dan Kabupaten Badung (Provinsi Bali) peringkat tiga. Pemberian penghargaan SJTN ini telah melalui bobot penilaian sebagai berikut: Portfolio 70%, Wawancara 25% dan Video 5%. Link www.sikn.patikab.go.id merupakan sarana layanan kearsipan berbais online untuk masyarakat umum guna mengakses koleksi arsip Kabupaten Pati untuk mencari data dan informasi bernilai sejarah.

Melalui Peringatan Hari Kearsipan ke-52 tahun 2023, diharapkan menjadi momentum penguatan kembali seluruh entitas kearsipan untuk berkolaborasi agar penyelenggaraan kearsipan secara nasional semakin berkualitas, sehingga mendorong kemanfaatan Bidang Kearsipan bagi masyarakat Indonesia sebagai memori kolektif dan informasi jati diri bangsa. (Gunawan)