Dinas Arpus Kabupaten Pati Mengikuti Pameran Kearsipan Virtual Jawa Tengah 2020

Rabu, 11 Nov 2020 | 09:06:19 WIB - Oleh Administrator


PATI - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Pati melalui Bidang Kearsipan mengikuti Pameran Kearsipan Virtual Jawa Tengah Tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah mulai tanggal 10 sampai dengan 30 November 2020. Pembukaan Kegiatan Pameran Kearsipan Virtual ini bertepatan dengan momen hari Pahlawan tanggal 10 November. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan Pameran Kearsipan Virtual bekerjasama dengan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. Pameran dengan tema ”Arsip Perjuangan Merebut dan Mempertahankan Kemerdekaan di Jawa Tengah bertujuan untuk memasyarakatkan arsip sebagai sumber informasi dan rekam jejak sejarah bangsa. Pameran Kearsipan Virtual berlangsung nonstop selama 24 jam melalui pintu utama web Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dengan alamat  https://arpusda.jatengprov.go.id, yang dilink-kan dengan web masing-masing kabupaten/kota.

Stand Kabupaten Pati melalui Web Dinas Arpus Kab. Pati menampilkan foto foto Pati Masa Revolusi 1945 - 1950 seperti Kedatangan Pasukan Siliwangi, Sambutan Rakyat Pati atas Kedatangan Pasukan Siliwangi, Dokter Wiroreno menghadapi Eksekusi Mati, Staf ALRI CA IV Juana pada tahun 1946-1947, Mayor Kusmanto dan Mayor Munadi beserta Staff, Bagan Pertempuran Tentara Pelajar di Pati, Staf Brigade R Pati, Kapten Ali Mahmudi, Monumen Teroeskan. Peristiwa Historia seperti Penobatan Amangkurat V Raja Mataram di Pati, Penurunan Bendera Hinomaru di Rumah Dinas Residen Pati, Epos Bageng - Gembong. Foto Tokoh Pejuang Pati seperti Dokter Moewardi, RTA Milono, Mathias Soegijono, K.H. Sahal Mahfudh. Pati Masa Kolonial; Buku dan Arsip Perjuangan meliputi Catatan Komando Perjuangan Gerilya Semesta Muria 1973, Buku Pati Syn Dai ichi Shoto Chu gakko 1943-1947, Buku Kabupaten pati di Masa Revolusi; foto foto Retro Pati seperti Peringatan Kemerdekaan RI 1995, Stadiun Pragola (Sekarang Pasar Puri Baru) dalam kampaye Pemilu 1982. Terdapat juga pameran arsip dalam bentuk vidio seperti Pati Pada Masa Revolusi 1945 - 1950, Perjalanan Kereta Api Demak - Kudus - Pati - Cepu Th. 1930 an, dan Kegiatan Kearsipan Pati.

Pameran Kearsipan Virtual Jawa Tengah 2020 selain menyikapi kondisi masa pandemi covid-19, juga menjawab kebutuhan para milenial yang lebih tertarik menikmati informasi dalam bentuk digital. Pameran kearsipan virtual tentang sejarah merebut dan mempertahankan kemerdekaan diharapkan akan menggugah semangat kepahlawanan dan nasionalisme para generasi muda milenial dalam mengisi kemerdekaan. Kepala Dinas Arpus Prov. Jateng menyampaikan Pameran Kearsipan Virtual se Jawa Tengah merupakan bentuk inovasi dan strategi baru Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Jawa Tengah dalam memanfaatkan arsip sebagai sumber pengetahuan sejarah secara virtual. (Dess)